Wednesday, August 27, 2014

Seputar Stepmania

First post here! ^^

Yo kawan! Saya Sachiya Haruyuki a.k.a SachiHyun di berbagai game tertentu. Sebagai postingan awal saya akan ulas sedikit mengenai satu rhythm game yang sepertinya cukup tak asing lagi bagi kalangan pecinta ritme musik. 

Kalau kalian kenal dengan dua rhythm game populer misalnya seperti Pump It Up! (PIU sering disebutkan) atau DanceDance Revolution (DDR) kalian akan bertanya-tanya, apa sebenarnya yang mendasari dua game ini sehingga menjadi populer? Satunya yaitu DDR yang dikenal dengan 4-panel dance floor yang pertama kali dirilis oleh Konami (saya lupa tahun berapa waktu itu) dan yang satunya lagi yang paling terkenal di Indonesia bahkan di seluruh dunia yaitu PIU alias Pump It Up!, 5-panel dance floor yang kebetulan dua hari lagi akan diselenggarakan event kompetisi PIU di beberapa kota besar di Indonesia? Yep, jawaban yang tepat adalah Stepmania! ^^

Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih Stepmania itu sendiri? Stepmania merupakan semacam game simulator untuk PIU dan DDR yang bisa dimainkan di PC atau komputer. Nah, PIU atau DDR itu sendiri sudah merupakan contoh Stepmania yang biasa kita lihat, hanya saja mungkin ada beberapa pengubahan terutama pada PIU sehingga ada beberapa mods atau pengaturan yang ada di Stepmania tidak dapat difungsikan.

Dibandingkan Stepmania yang biasa kita temui di game center dengan yang memang dikhususkan untuk PC, ada kelebihan yang bisa kita dapatkan, yaitu :

1. Dapat memasukkan lagu yang kita inginkan
2. Dapat membuat tema sendiri (jika ada yang bosan dengan tampilan default nya)
3. Latar belakang animasi (fungsi ini bisa dimatikan dalam setting mode)
4. Berbagai tingkat kesulitan
5. Bermacam karakter penari (dalam beberapa versi DDR terutama yang sudah jadul, karakter tersebut kadang-kadang muncul saat gameplay)

Tapi ingat, jangan beranggapan kalian bisa memasukkan lagu favorit kalian ke dalam mesin nya langsung, ya. Hal ini tidak akan terjadi karena lagu yang sudah ada adalah lagu yang dianggap official (resmi) dari pihak developer nya. Jadi jangan harap misalnya kalian ingin mencari channel K-POP di Pump It Up! Fiesta 2 tiba-tiba muncul lagu dari boyband (misalnya) EXO, hal seperti ini tidak akan pernah terjadi selama salah satu lagu dari artis tersebut tidak dianggap official. Tetapi di komputer kalian bisa mewujudkan itu dengan memasukkan lagu yang kalian inginkan seperti poin di atas. Ya, tentu kalian harus membuat stepchart nya terlebih dahulu. Bersusah-susah sedikit tak masalah 'kan selama suka? ^^

Saat ini Stepmania sendiri sudah memasuki versi SM5. Untuk mendownload Stepmania silakan kunjugi situs resmi Stepmania dibawah ini.


Selebihnya akan saya jelaskan di post selanjutnya. Terima kasih! ^^

No comments:

Post a Comment